Saturday, September 21, 2013

Musik Keroncong Kini Digandrungi Anak Muda

Rabu, 11 Sept 2013 15:40:30 WIB
Joko Widodo

Solo, Antara Jateng - Musik keroncong bukan hanya menjadi milik orang tua, tetapi sekarang ini sudah banyak generasi muda yang menggandrungi musik ini, kata Ketua Panitia Festival Musik Keroncong, Wartono.

Wartono di Solo, Rabu, mengatakan, untuk lebih memasyarakatkan dan mengembangkan musik ini maka digelar Festival Musik Keroncong di halaman Balai Kota Surakarta, 13--14 September.

"Sampai saat ini ada 15 grup musik keroncong yang berasal dari berbagai daerah telah memastikan ikut dalam festival tersebut, bahkan pesertanya ada yang berasal dari luar Jawa," katanya.

Sebanyak 15 grup musik keroncong yang akan tampil ini pesertanya sebagian besar kaum muda. Mereka berasal dari Solo sebagai tuan rumah, Sukoharjo, Karanganyar, Bandung, Klaten, Jombang, Cilacap, Salatiga, Jakarta, Sawahlunto, Bali, dan Palembang.

Festival ini juga akan dimeriahkan oleh para bintang tamu seperti Mel Sandi (roker), Tutik Maryati, Endra Utamai, Nadina, Endah, Waljinah.

"Ya nanti dari grup musik keroncong itu tidak hanya membawakan lagu keroncong murni, tetapi juga membawakan musik keroncong kreatif," kata Wartono yang juga merupakan Wakil Ketua Hamkri Solo.

"Kita juga akan mewadahi grup-grup musik keroncong kreatif seperti yang kita lakukan ini. Ya silahkan bagi mereka yang senang keroncong murni, tetapi juga silahkan mereka yang menyenangi keroncong kreatif. Pokoknya yang terpenting itu merupakan perkembangan musik yang ada sekarang," katanya.

No comments:

Post a Comment